Senin, 26 Maret 2012

4.1. PEMERIKSAAN RANTAI




Periksalah ketegangan rantai roda pada titik tengah diantara kedua sprocket, dengan posisi gigi transmisi pada keadaan netral dan kendaraan pada posisi stand  dan tegak.
Lakukan prosedure berikut untuk penyetelan rantai roda, yaitu:
- Kendorkan poros roda belakang.
- Kendorkan adjuster lock nut.
- Putar adjuster lock nut atau adjuster bolt unfuk menyetel ketegangan rantai roda.
- Pastikan skala kiri dan kanan berada pada posisi yang sama.

Gambar 4.1  Mengatur ketegangan rantai

Gambar 4.2  Penyetelan rantai

Jarak lentur (main bebas). Rantai roda:10-20mm.Khusus WIN & GL Pro: 20- 30mm.


4.2. PENYETELAN DAN PEMBONGKARAN RANTAI

Saat sepeda motor berjalan, suspensi bergerak naik turun sehingga jarak antara pusat sprocket depan dan belakang akan berubah-ubah. Oleh karena itu, perlu penyetelan rantai roda, agar pada saat sprocket bergerak turun naik oleh akibat gerakan suspensi, rantai tidak terlalu tegang atau terlalu kendor. Setelah selesai penyetelan, kencangkan kembali mur roda belakang dengan torsi yang telah ditentukan.
Tarik rantai ke arah atas, pada saat mengencangkan mur roda, untuk memastikan kedua penyetel tidak berubah dari posisinya. Pastikan bahwa kedua adjuster kiri dan kanan pada posisi skate yang sama.

Gambar 4.3. Pengencangan rantai

Untuk rantai roda yang terdapat sambungan, posisi pemasangan pada bagian ujung yang terbuka dari chain clip harus berlawanan dengan arah putaran rantai roda.
Untuk mengindarkan terlepasnya chain clip oleh akibat benturan dengan chain guide atau dengan benda yang lainnya.
Pastikan posisi dudukan chain clip, sudah tepat pada tempatnya.
Gambar 4.4.  Penempatan chain clip

Posisi dudukan chainclip yang tidak tepat pada tempatnya, akan mudah terlepas dan akan menyebabkan rantai roda kemungkinan terlepas dan akan merusak parts yang lainnya.
Pastikan pergerakan antara pivot dan pin pada rantai roda dapat bergerak dengan lancar, apabila terjadi kekakuan, berikan minyak pelumas.
Bersihkan rantai roda dari kotoran dengan menggunakan minyak pembersih atau parapin dan keringkan segera, kemudian lumasi dengan oli SAE 80 atau 90, atau pelumas sejenis spray. Bersihkan oli pelumas yang berlebihan pada rantai, untuk mengindarkan cipratan sewaktu rantai roda berputar.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar